Search

Pandemi COVID-19 Dongkrak Penjualan Sepeda Motor Bulan Juni - Suara.com

Suara.com - Pandemi COVID-19 telah membuat penjualan sepeda motor di berbagai negara merosot tajam, tak terkecuali di Amerika Serikat. Uniknya, masa new normal kini menghadirkan kondisi berbeda.

Yaitu adanya keharusan setiap orang melakukan physical distancing atau menjaga jarak membuat penjualan sepeda motor berangsur membaik. Kendaraan roda dua dinilai menjadi alat transportasi paling tepat untuk menghindari kerumunan serta keramaian saat menggunakan transportasi umum.

Dilansir dari RideApart, merek-merek sepeda motor seperti Honda, BMW, Suzuki, dan Yamaha di Amerika Utara melaporkan mulai terjadi peningkatan penjualan, terutama di segmen off-road.

American Honda Motor Company selaku Agen Pemegang Merek (APM) di Amerika Serikat mengonfirmasi bahwa penjualan sepeda motor untuk Mei 2020 meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan Mei 2019. Baik untuk segmen street ataupum off-road.

Masing-masing mengalami kenaikan sebasar 103 persen dan 172 persen, dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Sementara BMW juga melaporkan hal senada. Meski tidak mengungkapkan secara detail angka kenaikan, namun juru bicara perusahaan menyebutkan bahwa penjualan Mei 2020 jauh melebihi tahun lalu.

Sedangkan pasar sepeda motor Eropa juga menunjukkan tren yang sama. Angka penjualan di Italia sepanjang Juni 2020 menunjukkan peningkatan 37 persen dari periode yang sama 2019. Atau dengan kata lain, sepeda motor dan skuter dijual di Italia pasca pandemi lebih besar daripada tahun lalu. Sebanyak 39.085 sepeda motor, skuter, dan moped telah terdaftar sepanjang bulan Juni.

Royal Enfield Himalayan. [Royal Enfield]
Royal Enfield Himalayan.  Sebagai ilustrasi produk [Royal Enfield]

Untuk pasar Asia, India menjadi negara dengan kondisi penjualan sepeda motor berangsur membaik. Meskipun angka penjualan Juni masih di bawah penjualan periode yang sama 2019, namun penjualan kembali meningkat setelah mengalami kemerosotan pada Mei 2020.

Untuk Honda Motorcycle & Scooter India, sebanyak 210.879 unit motor berhasil terjual dengan peningkatan 153 persen dari bulan Mei. Royal Enfield juga kembali ke posisi yang lebih baik dengan total penjualan 38.065 terjual sepanjang Juni dari angka 18.429 unit saja di bulan Mei.

Catatan dari Redaksi: Mari bijaksana menerapkan aturan jaga jarak dengan orang lain atau physical distancing, sekitar 2 m persegi, dan selalu ikuti protokol kesehatan tata normal baru. Gunakan masker setiap keluar rumah dan jaga kebersihan diri terutama rutin cuci tangan. Selalu saling dukung dan saling jaga dengan tidak berdiri berdekatan, menggerombol, serta mengobrol, dalam mengatasi pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19. Suara.com bergabung dalam aksi #MediaLawanCovid-19. Informasi seputar Covid-19 bisa diperoleh di Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081-2121-23119

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.suara.com/otomotif/2020/07/07/134256/pandemi-covid-19-dongkrak-penjualan-sepeda-motor-bulan-juni

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pandemi COVID-19 Dongkrak Penjualan Sepeda Motor Bulan Juni - Suara.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.