Search

Cara Membersihkan Minyak Rem dari Bodi Motor - CNN Indonesia

CNN Indonesia --

Menjaga cat pada bodi motor agar tetap kinclong tentu saja bukan perkara yang mudah.

Sebab berbagai macam benda yang bisa membuat cat pada bodi motor Anda menjadi kusam. Sebut saja paparan sinar matahari, debu, bahan kimia, dan juga minyak rem yang mungkin masih banyak tak disadari pemilik kendaraan.

Dilansir dari Suzuki, minyak rem yang menempel pada motor akan membuat catnya menjadi pudar dan kehilangan kilauannya. Bahkan jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, minyak rem ini disebutkan juga bisa membuat cat pada bodi motor bisa terkelupas.

Hal ini disebabkan karena pada minyak rem terdapat sebuah kandungan yang bernama glycol dan glycol ether yang dapat merusak lapisan cat pada body motor Anda. Glycol dan glycol ether yang masih turunan dari alkohol ini berfungsi untuk menaikkan titik didih dari minyak rem agar lebih tinggi lagi.

Untuk meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari minyak rem yang mengenai body motor, Anda wajib mengetahui bagaimana cara membersihkan body motor yang terkena minyak rem dengan tepat. Karena jika salah dalam menanganinya, bukan tidak mungkin cat akan pudar atau bahkan bisa sampai terkelupas.

1. Jangan dilap

Cara membersihkan bodi motor yang terkena minyak rem yang pertama adalah jangan dilap. Namun, banyak yang salah kaprah saat mendapati body motornya terkena minyak rem. Saat melakukan pengelapan justru akan memperluas bagian bodi motor yang terkena minyak rem. Pengelapan ini juga berpotensi membuat cat bodi motor terkelupas.

2. Siram dengan air mengalir

Saat bodi motor terkena minyak rem, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah langsung menyiramnya dengan air yang mengalir. Siram air mengalir hingga Anda yakin minyak rem yang tumpah ke bodi motor sudah benar-benar hilang sepenuhnya.

Setelah memastikan minyak rem sudah benar-benar habis, barulah Anda boleh mengelapnya. Caranya adalah dengan menggunakan kain halus yang sudah dibasahi sebelumnya. Jika sudah yakin minyak sisa minyak rem sudah hilang, Anda bisa mengeringkan bodi motor.

3. Lakukan pemolesan

Bagian bodi motor yang terkena minyak rem ini sedikit banyak akan meninggalkan bekas. Untuk menyamarkan bekas minyak rem tersebut, Anda bisa melakukan pemolesan pada bodi motor Anda agar warnanya bisa seragam dengan bagian yang lainnya.

[Gambas:Video CNN]

(ahd/mik)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMibGh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vb3RvbW90aWYvMjAyMzA3MjIxNTIwNTItNjAwLTk3NzE0Ny9jYXJhLW1lbWJlcnNpaGthbi1taW55YWstcmVtLWRhcmktYm9kaS1tb3RvctIBcGh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vb3RvbW90aWYvMjAyMzA3MjIxNTIwNTItNjAwLTk3NzE0Ny9jYXJhLW1lbWJlcnNpaGthbi1taW55YWstcmVtLWRhcmktYm9kaS1tb3Rvci9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Membersihkan Minyak Rem dari Bodi Motor - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.