Search

5 Dampak yang Bisa Timbul Bila Motor Kena Ganjil Genap - detikFinance

Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan Pergub Nomor 80 Tahun 2020 tentang pelaksanaan PSBB transisi menuju new normal. Di dalamnya diatur mengenai ganjil genap untuk sepeda motor walaupun belum dipastikan kapan berlaku.

Menurut Analis Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahardiansyah ada sejumlah dampak yang perlu diperhatikan jika aturan ganjil genap diberlakukan untuk sepeda motor.

Pertama, jika itu dilakukan, masyarakat bisa saja membuat plat nomor palsu untuk mengakali kebijakan ganjil genap. Jadi ketika motor berplat ganjil dilarang melintas, dia menggunakan plat nomor genap. Hari berikutnya diganti dengan plat nomor ganjil. Begitu seterusnya.

"Efek dominonya itu tentu satu, banyak orang akan memalsukan plat nomor (kendaraan)," kata dia saat dihubungi detikcom, Minggu (23/8/2020).

Yang kedua, lanjut dia akan banyak pemotor yang main kucing-kucingan dengan aparat agar tidak ketahuan melanggar aturan ganjil genap. Lalu yang ketiga, kebijakan itu bisa memicu meningkatnya rantai penyebaran virus Corona karena orang berdesak-desakan naik angkutan umum.

Kemudian yang keempat, nantinya masyarakat bisa terdorong untuk membeli sepeda motor agar memiliki kendaraan berplat ganjil dan genap. Kelima, kurir kantor yang tak berseragam resmi sebagai penyedia jasa ekspedisi bisa ikut terkena dampak pemberlakuan ganjil genap karena dianggap pengguna kendaraan pribadi.

"Kan banyak juga pengiriman dari perusahaan-perusahaan itu kan banyak menggunakan motor kan, motor perusahaan tapi tetap jadi motor pribadi kan. Pada saat itu kan akan menyulitkan pengiriman barang. Jadi kalau motor ini dampaknya banyak sekali," tambahnya.

Aturan tersebut juga dinilai sebagai kebijakan yang membingungkan. Klik halaman selanjutnya.

Simak Video "Ganjil Genap di Jakarta Akan Berlaku untuk Motor? Ini Kata Dishub"
[Gambas:Video 20detik]

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5143802/5-dampak-yang-bisa-timbul-bila-motor-kena-ganjil-genap

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Dampak yang Bisa Timbul Bila Motor Kena Ganjil Genap - detikFinance"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.