Search

Pemangkasan Tarif Pajak Sepeda Motor Dipertimbangkan - DDTC News

"Sepeda motor bukanlah barang mewah ataupun barang yang memiliki pasokan yang terbatas. Oleh karena itu, tarif GST atas pembelian sepeda motor sangat mungkin untuk direvisi," ujar Menteri Keuangan Nirmala Sitharama, dikutip pada Kamis (27/8/2020).

Baca Juga: Tinggal 4 Hari! Jangan Dilewatkan Pemutihan & Diskon Pajak Kendaraan

Industri otomotif berpandangan pemangkasan tarif GST ini akan mengurangi biaya di muka (upfront cost) atas setiap pembelian sepeda motor. Hal ini dinilai bisa membantu meningkatkan penjualan sepeda motor yang tertekan drastis akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan data per Juli 2020, penjualan kendaraan bermotor roda dua mengalami kontraksi secara tahunan. Padahal, penjualan sepeda motor pada tahun lalu mencatatkan angka paling rendah sejak 1999.

Kontraksi penjualan sepeda motor ini tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang menekan optimisme konsumen. Pemangkasan tarif GST atas pembelian sepeda motor diharapkan mampu meningkatkan penjualan, terutama pada periode menjelang hari raya.

Baca Juga: Mendagri Minta 31 Gubernur Segera Pangkas Tarif Pajak Kendaraan

Times Drive melaporkan pemerintah tidak memiliki kekhawatiran terjadinya penurunan penerimaan pajak akibat dipangkasnya tarif. Pemerintah memiliki pandangan sejalan dengan pelaku industri yang menginginkan agar harga sepeda motor dibuat lebih terjangkau bagi masyarakat.

Usulan pemangkasan tarif GST bakal dikirimkan kepada GST Fitment Committee. Badan tersebut akan memberikan rekomendasi tertentu atas usulan pemangkasan tarif kepada GST Council. Nantinya, GST Council yang mengambil keputusan final mengenai pemangkasan tarif. (kaw)

Baca Juga: Perhatian! Gerai Samsat di Lokasi Ini Ditutup Sementara

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://news.ddtc.co.id/pemangkasan-tarif-pajak-sepeda-motor-dipertimbangkan-23463

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemangkasan Tarif Pajak Sepeda Motor Dipertimbangkan - DDTC News"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.