Search

Ini Alasan Tak Gunakan Motor saat Mudik Lebaran 2023: Tidak Aman dan Rentan Kecelakaan - Kompas TV

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sepeda motor dinilai tidak aman digunakan sebagai kendaraan mudik Lebaran 2023 untuk jarak jauh.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, Djoko Setijowarno.

Djoko menjelaskan, sepeda motor tidak dirancang sebagai kendaraan perjalanan jarak jauh.

Mengemudi sepeda motor juga membutuhkan kondisi tubuh yang prima agar selamat mudik.

Apabila stamina pengemudi kurang prima, maka konsentrasi berkendara dapat terganggu, sehingga risiko kecelakaan lalu lintas pun meningkat.

Baca Juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Lewat 11 Tol Fungsional pada Mudik Lebaran 2023

“Apalagi jika perilaku pengendara yang kurang tertib untuk mengikuti aturan dan rambu-rambu lalu lintas. Mitigasi sangat diperlukan karena rentannya penggunaan sepeda motor untuk perjalanan jauh," kata Djoko, Rabu (5/4/2023).

Biasanya, lanjut Djoko, masyarakat yang mudik membawa barang bawaan cukup banyak, mulai dari keperluan pribadi hingga oleh-oleh untuk kerabat di kampung. 

Djoko mengatakan, hal itu membuat pengemudi dan penumpang sepeda motor membawa barang berlebihan di sepeda motor.

Hal ini juga membuat sepeda motor rentan mengalami kecelakaan lalu lintas.

"Maka dari itu, sebaiknya dihindari berkendara menggunakan sepeda motor dan membawa angkutan berlebihan. Selain berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain," papar Djoko.

Baca Juga: 15 Ribu Tiket Bus DAMRI Buat Mudik Lebaran Ludes Terjual, Berikut Cara Pesan dan Rute

Tidak dapat dipungkiri, setiap moda transportasi memiliki risiko masing-masing. Namun, sepeda motor dinilai sebagai kendaraan yang paling rentan.

Djoko pun meminta pemerintah untuk berani menyatakan larangan mudik pakai sepeda motor.

Apabila didapati pemudik yang menggunakan motor, bisa diminta kembali ke rumah atau disediakan alternatif kendaraan lain.

“Jika ada alternatif lain sebaiknya dihindari. Pasalnya, mudik memakai sepeda motor, terlebih motor bermesin kecil sangat berbahaya dan terlalu banyak risikonya. Apalagi kalau mudiknya berboncengan dan membawa anak pula. Sebaiknya dipikirkan dengan matang," tegas dia.

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiemh0dHBzOi8vd3d3LmtvbXBhcy50di9hcnRpY2xlLzM5NTIyMi9pbmktYWxhc2FuLXRhay1ndW5ha2FuLW1vdG9yLXNhYXQtbXVkaWstbGViYXJhbi0yMDIzLXRpZGFrLWFtYW4tZGFuLXJlbnRhbi1rZWNlbGFrYWFu0gGFAWh0dHBzOi8vd3d3LmtvbXBhcy50di9hbXAvYXJ0aWNsZS8zOTUyMjIvdmlkZW9zL2luaS1hbGFzYW4tdGFrLWd1bmFrYW4tbW90b3Itc2FhdC1tdWRpay1sZWJhcmFuLTIwMjMtdGlkYWstYW1hbi1kYW4tcmVudGFuLWtlY2VsYWthYW4?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Alasan Tak Gunakan Motor saat Mudik Lebaran 2023: Tidak Aman dan Rentan Kecelakaan - Kompas TV"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.