Search

Aturan Baru Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta Bakal Terbit Minggu Ini - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Taufiek Bawazier Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan revisi aturan yang bakal membuka subsidi Rp7 juta pembelian sepeda motor listrik baru untuk siapa saja bakal terbit pekan ini.

"Sebentar lagi, minggu ini keluar. Revisi untuk sepeda motor (listrik) ya," kata Taufiek di Jakarta, Selasa (8/8).

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada akhir bulan lalu mengungkap ingin menghapus empat syarat kriteria penerima subsidi pembelian motor listrik.

Empat syarat itu adalah penerima manfaat kredit usaha rakyat, bantuan produktif usaha mikro, bantuan subsidi upah dan penerima subsidi listrik hingga 900 volt ampere sesuai Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 6 Tahun 2023.

Menurut Taufiek Permenperin itu akan direvisi sehingga empat syarat dihapus dan dibuka untuk umum dengan catatan satu Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP hanya bisa membeli satu unit motor listrik. Dia mengungkap sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri terkait hal itu.

"Ini motor listrik diubah syaratnya, kita harus ubah syarat itu, Permenperin yang existing kita ubah, kemarin kami sudah surati Dukcapil, karena itu menyangkut NIK seluruh Indonesia, itu otoritasnya ada di Kemendagri," ujar dia.

200 ribu unit

Berdasarkan Permenperin 6/2023, Kemenperin menyiapkan kuota 200 ribu unit motor listrik tahun ini yang bisa dibeli menggunakan subsidi Rp7 juta. Berdasarkan situs Sisapira kini ada 25 model motor listrik yang terdaftar dalam program ini.

Taufiek bilang 200 ribu unit itu merupakan target yang mesti tercapai.

"Saya belum berani mengatakan bahwa itu akan habis tapi paling tidak kita punya target segitu. Ya kalau habis ya bagus, kalau tidak ya kita evaluasi, karena kita tak pernah tahu orang ingin beli sampai seberapa besar," katanya.

Program subsidi ini sudah berjalan sejak Maret tetapi hingga 8 Agustus 2023 masih tersisa 198.397 unit. Taufiek mengakui program ini berjalan lambat sehingga perlu direvisi.

[Gambas:Video CNN]

(fea/mik)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiggFodHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL290b21vdGlmLzIwMjMwODA4MTU1NDUzLTYwMy05ODM0NjgvYXR1cmFuLWJhcnUtc3Vic2lkaS1tb3Rvci1saXN0cmlrLXJwNy1qdXRhLWJha2FsLXRlcmJpdC1taW5nZ3UtaW5p0gGGAWh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vb3RvbW90aWYvMjAyMzA4MDgxNTU0NTMtNjAzLTk4MzQ2OC9hdHVyYW4tYmFydS1zdWJzaWRpLW1vdG9yLWxpc3RyaWstcnA3LWp1dGEtYmFrYWwtdGVyYml0LW1pbmdndS1pbmkvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Aturan Baru Subsidi Motor Listrik Rp7 Juta Bakal Terbit Minggu Ini - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.