Search

Udah Jarang Lihat Motor Modif Ban Cacing? Ternyata... - detikOto

Jakarta -

Modifikasi penggunaan ban kecil atau kerap disebut ban cacing ternyata sudah jarang digunakan lagi. Tren modifikasi sudah berubah menjadi arah yang cocok untuk dipakai harian.

Salah satu produsen ban, PT Industri Karet Deli, yang memproduksi ban Swallow, Deli Tire, dan Delium, masih menjual ban dengan pola cacing, alurnya banyak dan bergelombang - biasa dipakai di motor modifikasi aliran classic. Permintaan jenis ban itu justru mengalami penurunan.

"Untuk pasar modifikasi, dulu masa-masa lagi ramai modifikasi, ban Swallow ring 14 sampai 160, 180 sampai ring 14, besar seperti mobil itu. Tapi sekarang tidak musim lagi. Sekarang (musim) standar-nya," kata Sales Domestic PT IKD, Gunawan di Jakarta Pusat, Selasa (1/8/2023).

"Ban cacing yang tipe klasik, itu dulu yang jap style. Tapi sekarang yang klasik itu sudah tidak musim lagi ya. Mungkin di Jogja, ada. Saya baru survei minggu lalu dari Solo, Salatiga, katanya sudah tidak musim, sekarang ban ukuran standar," tambah dia lagi.

Gunawan juga mengungkap, permintaan ban motor untuk naik ukuran juga sudah berkurang. Sekarang, lanjut dia, modifikasi ke arah yang standar keamanan.

Salah satu modifikasi aliran Thai look pernah digemari bikers Tanah Air. Salah satu ciri menonjol dalam modifikasi ini adalah penggunaan pelek dan ban dengan profil tipis serta berdiameter kecil. Biasa disebut 'ban cacing'.

Dia bilang masih ada yang membeli ukuran ban kecil sudah mulai turun. Namun mengamini permintaan itu sempat 'meledak' di pasar sebelum tahun 2020.

"Tren untuk modifikasi, kayaknya beda-beda, dulu Jawa Tengah musimnya ban-ban kecil, 50-90 di ring 14, 50-90 17. Itu bawaannya velg 12, diganti oleh mereka velg jari-jari, yang kecil-kecil. Itu ada satu masa kesulitan juga supply-nya, tahun sebelum Covid," kata Gunawan.

"Di Jawa Tengah itu dilarang polisi, nggak boleh, nggak safety. Itu ada satu musim luar biasa," jelas dia lagi.

Simak Video "Kontes modifikasi mobil di Daihatsu Dress-Up e-Challenge berhadiah USD 5.000"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiYmh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb2RpZmlrYXNpLW1vdG9yL2QtNjg1NDY5MS91ZGFoLWphcmFuZy1saWhhdC1tb3Rvci1tb2RpZi1iYW4tY2FjaW5nLXRlcm55YXRh0gFmaHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL21vZGlmaWthc2ktbW90b3IvZC02ODU0NjkxL3VkYWgtamFyYW5nLWxpaGF0LW1vdG9yLW1vZGlmLWJhbi1jYWNpbmctdGVybnlhdGEvYW1w?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Udah Jarang Lihat Motor Modif Ban Cacing? Ternyata... - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.