Search

Cara Kerja Kunci Magnet Motor Honda yang Gampang Dibobol Maling - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Fitur keamanan sepeda motor berupa penutup lubang kunci bermagnet dinilai sudah tak mampu menyulitkan aksi para maling. Menurut polisi fitur ini makin mudah diakali penjahat, bahkan dapat dibobol tak sampai lima detik.

Pada motor Honda di Indonesia, penutup lubang kunci bermagnet ini dinamakan Secure Key Shutter (SKS). Pengaman ini sangat praktis digunakan dan disebut bisa mengurangi risiko pencurian motor.

Sistem SKS pada motor-motor Honda ini bekerja menggunakan prinsip kemagnetan (dua kutub berlawanan akan menempel). Jadi, pada bagian kepala kunci (key mold) terdapat empat titik yang diisi dengan tiga kutub magnet berlawanan dari kutub magnet yang terdapat pada cylinder shutter (panel kontak) di sebelah lubang kunci motor.

Sebagai contoh, apabila susunan kutub magnet pada kunci motor Anda adalah S-S-0-U, maka sebaliknya susunan kutub magnet pada panel kontak seharusnya adalah U-U-0-S.

Honda kali pertama memperkenalkan teknologi ini pada 2005 di motor bebek Supra X 125. Motor ini masih menggunakan teknologi SKS manual, artinya Anda perlu menancapkan kepala kunci motor pada silinder shutter-nya (kutub magnet harus sesuai), lalu memutarnya untuk menutup atau membuka sistem SKS secara manual.

Seiring perkembangan teknologi, sistem SKS sudah memiliki banyak varian, dari jenis hingga cara kerjanya.

Misalnya sistem pengaman SKS yang memiliki tuas kecil yang terdapat di samping panel kontak. Untuk menutup lubang kunci, Anda tinggal menarik tuas tersebut ke arah yang dianjurkan, misalnya dari bawah ke atas.

Namun untuk membuka kembali lubang kunci tersebut, Anda tetap diharuskan menggunakan kepala kunci (key mold) motor Anda dengan cara yang sama seperti sebelumnya.

Varian lain dari sistem SKS ini menggunakan tombol untuk menutup lubang kunci. Cukup praktis dibanding SKS secara manual.

Kemudian hadir lagi pengembangan SKS di mana penutup lubang kunci ini akan tertutup otomatis setelah Anda mengunci setang dan mencabut kunci dari lubang kunci.

Pengembangan lainnya, dengan SKS otomatis juga kini memiliki tampilan glow in the dark atau dapat menyala saat gelap untuk memudahkan penglihatan pengemudinya.

Hanya saja Honda mengingatkan sistem ini bukan ditujukan untuk menghindari pencurian, melainkan memperlambat sekaligus mempersulit aksi pencurian motor.

Selebihnya tergantung bagaimana Anda menjaga motor Anda saat pemakaian, demikian mengutip situs Wahana Honda.

Menurut kepolisian berdasarkan keterangan para pencuri motor yang ditangkap, ada lima model yang sistem keamanan kuncinya dianggap lemah, yaitu Honda Beat, Honda Vario, Honda Scoopy, Yamaha Mio, dan Yamaha Nmax.

"Berdasarkan keterangan dari para pelaku maka masyarakat harus tahu bahwa jenis sepeda motor yang selalu dijadikan sasaran pelaku pencurian," kata Kapolsek Tambora Komisaris Putra Pratama dalam keterangan tertulisnya dikutip Selasa (1/8).

[Gambas:Video CNN]

(ryh/fea)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMif2h0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vb3RvbW90aWYvMjAyMzA4MDIxMzA5MjEtNjAwLTk4MDkzMy9jYXJhLWtlcmphLWt1bmNpLW1hZ25ldC1tb3Rvci1ob25kYS15YW5nLWdhbXBhbmctZGlib2JvbC1tYWxpbmfSAYMBaHR0cHM6Ly93d3cuY25uaW5kb25lc2lhLmNvbS9vdG9tb3RpZi8yMDIzMDgwMjEzMDkyMS02MDAtOTgwOTMzL2NhcmEta2VyamEta3VuY2ktbWFnbmV0LW1vdG9yLWhvbmRhLXlhbmctZ2FtcGFuZy1kaWJvYm9sLW1hbGluZy9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Kerja Kunci Magnet Motor Honda yang Gampang Dibobol Maling - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.