Search

BeAT dan Vario Jadi Incaran Maling, Ini 5 Cara Mencegah Pencurian Motor - detikOto

Jakarta -

Honda BeAT dan Vario merupakan dua model motor populer yang kerap menjadi incaran maling. Pencurian motor tentunya bisa dicegah, asalkan pemilik motor paham cara memarkir atau menyimpan motor yang aman.

Polsek Tambora mengungkap kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang diangkut menggunakan truk ke Lampung. Polisi mengungkap beberapa motor yang jadi incaran maling.

"Berdasarkan dari hasil pengungkapan yang dilakukan oleh Polsek Tambora dan berdasarkan keterangan dari para pelaku, maka masyarakat harus tahu bahwa jenis sepeda motor yang selalu dijadikan sasaran pelaku Curanmor, yaitu Honda Vario, Honda Beat, Honda Scoopy, Yamaha Mio, Yamaha Nmax," bilang Kapolsek Tambora Kompol Putra Pratama.

Dikutip dari laman Wahana Honda, ada lima cara mencegah pencurian motor. Apa saja?

1. Kunci Setang ke Arah Kanan

Para pemilik kendaraan lebih sering mengunci setang motor ke arah kiri dibandingkan ke arah kanan. Padahal mengunci setang motor ke arah kanan terbukti jauh lebih aman. Hal ini dikarenakan ruang gerak untuk membobol kontak motor dengan kunci T akan lebih terbatas dan tidak leluasa. Sehingga, para pelaku pencurian akan membutuhkan waktu lama untuk membobolnya.

2. Hindari Meninggalkan Motor di Pinggir Jalan

Ada kalanya saat berkendara Anda harus menepi terlebih dahulu karena berbagai alasan. Nah, meletakkan motor di tepi jalanan yang terbuka sangat rawan terjadi pencurian. Untuk itu, usahakan untuk menghindari meninggalkan motor Anda di pinggir jalan tanpa pengawasan Anda.

3. Pasang Pengaman Tambahan

Anda juga bisa menggunakan pengaman tambahan seperti gembok cakram. Dengan perangkat tersebut para pelaku pencurian akan mengalami kesulitan buat membawa pergi kendaraan Anda.

Aksesoris tambahan yang satu ini bisa Anda dapatkan di toko-toko otomotif ataupun dengan membelinya secara online. Dengan menambahkan perangkat eksternal ini, dijamin kendaraan Anda akan terhindar dari aksi pencurian dan dipastikan aman.

4. Gunakan Alarm

Beberapa motor keluaran terbaru dibekali dengan fitur alarm. Nah, jika kendaraan yang Anda miliki tidak memiliki fitur yang satu ini, maka tak perlu khawatir karena Anda bisa menambahkannya sendiri dengan membeli alarm motor versi aftermarket.

Jika Anda tidak bisa memasangnya, bisa dengan meminta bantuan dari mekanik bengkel. Anda pun tinggal menerima beresnya saja dan motor Anda sudah memiliki perangkat keamanan yang canggih.

5. Parkir di Tempat Resmi

Penting untuk diperhatikan bahwa jangan sampai Anda ceroboh meletakkan motor sembarangan atau memarkirnya di tempat yang tanpa pengawasan. Misalnya saat Anda pergi ke mall, sebaiknya parkir kendaraan Anda di gedung mall. Karena terbukti jauh lebih aman meskipun biaya parkir yang dikenakan jauh lebih tinggi.

Simak Video "Pelaku Curanmor di Koja Jakut Dikeroyok Warga"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMifGh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS90aXBzLWFuZC10cmlja3MtbW90b3IvZC02ODU0NTUzL2JlYXQtZGFuLXZhcmlvLWphZGktaW5jYXJhbi1tYWxpbmctaW5pLTUtY2FyYS1tZW5jZWdhaC1wZW5jdXJpYW4tbW90b3LSAYABaHR0cHM6Ly9vdG8uZGV0aWsuY29tL3RpcHMtYW5kLXRyaWNrcy1tb3Rvci9kLTY4NTQ1NTMvYmVhdC1kYW4tdmFyaW8tamFkaS1pbmNhcmFuLW1hbGluZy1pbmktNS1jYXJhLW1lbmNlZ2FoLXBlbmN1cmlhbi1tb3Rvci9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BeAT dan Vario Jadi Incaran Maling, Ini 5 Cara Mencegah Pencurian Motor - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.