Search

Motor Tak Lolos Uji Emisi, Berikut Bagian yang Harus Dicek - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Uji emisi kendaraan sebagai solusi untuk mengurangi polusi udara di Jakarta dan sekitarnya. Manfaat dari uji emisi kendaraan yakni melindungi lingkungan dan menjaga kualitas udara.

Saat uji emisi, kendaraan dalam kondisi mesin menyala akan dihubungkan dengan peralatan yang menghitung polutan seperti karbon monoksida (CO), hidrokarbon (HC), oksida nitrogen (NOx), dan partikulat (kendaraan diesel).

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan petugas polisi saat ini fokus pada hasil HC dan CO, sebab keduanya merupakan zat yang disebut bisa berdampak buruk pada tubuh manusia.

Kadar HC tinggi disebabkan bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna di dalam mesin.

Sementara jika CO tinggi pertanda ada masalah saat terjadinya pembakaran, yang disebabkan kurangnya udara dalam campuran dengan bahan bakar.

Untuk pemilik sepeda motor sebaiknya memperhatikan beberapa poin. Berikut penjelasannya.

BBM yang tepat

Bahan bakar harus menyesuaikan mesin motor. Menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai dengan rasio kompresi mesin merupakan cara tepat lolos dari uji emisi

Hindari modifikasi knalpot

Hal yang perlu diperhatikan adalah knalpot, busi, dan filter udara. Hindari mengganti knalpot standar dengan knalpot aftermarket atau knalpot racing.

Sebab, pada knalpot racing pada umumnya tidak memiliki catalytic converter yang dapat menyaring gas buang agar menghasilkan emisi yang lebih rendah.

Busi

Busi salah satu kunci karena akan menentukan proses pembakaran menjadi sempurna atau tidak. Tentunya ini juga berpengaruh terhadap emisi yang dihasilkan.

Sama halnya dengan menjaga kebersihan filter udara. Jika komponen ini kotor, maka udara yang masuk ke ruang bakar akan terhambat dan menjadi sedikit. Sehingga, dapat membuat ruang bakar jadi terlalu banyak bahan bakar.

[Gambas:Video CNN]

(ryh/mik)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMieWh0dHBzOi8vd3d3LmNubmluZG9uZXNpYS5jb20vb3RvbW90aWYvMjAyMzA4MjgxMzM0MTgtNjAwLTk5MTM5NS9tb3Rvci10YWstbG9sb3MtdWppLWVtaXNpLWJlcmlrdXQtYmFnaWFuLXlhbmctaGFydXMtZGljZWvSAX1odHRwczovL3d3dy5jbm5pbmRvbmVzaWEuY29tL290b21vdGlmLzIwMjMwODI4MTMzNDE4LTYwMC05OTEzOTUvbW90b3ItdGFrLWxvbG9zLXVqaS1lbWlzaS1iZXJpa3V0LWJhZ2lhbi15YW5nLWhhcnVzLWRpY2VrL2FtcA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Motor Tak Lolos Uji Emisi, Berikut Bagian yang Harus Dicek - CNN Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.