Search

Bingung Mau Isi Premium atau Pertalite buat Motor? Ini Panduannya

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketika memilih bahan bakar buat motor, enggak boleh sembarangan ya, sob.

Pasalnya spesifikasi bahan bakar harus menyesuaikan data kompresi motor, agar mesin mampu menghasilkan kinerja optimal.

Kalau kamu masih bingung dalam memilih apa jenis bahan bakaryang cocok untuk motor kesayangan, ada beberapa triknya, nih.

Paling mudah adalah dengan mengecek rasio kompresi. Dengan mengetahui rasio kompresi, maka bisa diketahui formula bahan bakar yang sesuai.

"Jika berpedoman pada rasio kompresi, kira-kira rumusnya begini. Kurang dari 9, pakai RON (Research Octane Number) 88 Premium," beber Tri Yuswidjajanto, peneliti dari ITB.

Selanjutnya, untuk rasio kompresi antara 9 sampai 10, pakai RON 90 Pertalite. 

Sedang rasio kompresi antara 10 sampai 11 pakai RON 92 Pertamax.

Baca: Suzuki Ertiga Dinobatkan sebagai MPV Terbaik di IIMS 2018

"Lalu rasio kompresi antara 11 sampai 13 pakai RON 98 Pertamax Turbo. Sedangkan di atas 13 gunakanlah Pertamax Racing," lanjut akademisi yang akrab disapa Yus ini.

Spesifikasi RON menjadi penting karena makin tinggi oktan, bensin tidak mudah terbakar sebelum waktunya.

Jadi, ketika mesin berkompresi rendah menggunakan bensin dengan RON tinggi, bensin akan terbakar lebih dulu sebelum dipantik busi.

Efeknya, tenaga loyo dan boros BBM. Sebaliknya, jika pakai komposisi bahan bakar yang tepat, maka efek-efek positif bisa langsung dirasakan.

"Contoh gampangnya, suara mesin jadi halus, lebih bertenaga, tarikan enteng, konsumsi bahan bakarnya juga jadi lebih irit," pungkas Yus.

Berita ini sudah tayang di gridoto.com berjudulIsi Pertalite atau Pertamax? Biar Enggak Bingung, Berikut Panduan Memilih Bahan Bakar Buat Motor

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje http://www.tribunnews.com/otomotif/2018/04/30/bingung-mau-isi-premium-atau-pertalite-buat-motor-ini-panduannya

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bingung Mau Isi Premium atau Pertalite buat Motor? Ini Panduannya"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.