Search

Ada Anomali Saat Kejayaan Sepeda Motor Diramal Berakhir - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Kejayaan kendaraan roda dua atau sepeda motor diramal akan berakhir di pasar Indonesia. Penjualannya dalam tren turun di tengah transportasi online berkembang, transportasi massal, dan perubahan gaya hidup perkotaan.

Namun, di tengah ramalan jangka panjang itu, sektor sepeda motor punya satu fase yang cukup menentukan yaitu transisi menuju sepeda motor listrik. Kini, pemain-pemain baru bermunculan masuk Indonesia untuk masuk ke segmen motor listrik dan berinvestasi. Ceruk ini pasar yang belum diseriusi oleh pemain lama seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan lainnya.

Sekjen Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Hari Budianto, mengatakan kementerian perindustrian (Kemenperin) mencatat sudah ada banyak industri baru yang ingin mengembangkan motor listrik di Indonesia. Apalagi pemerintah sudah mengeluarkan Perpres No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

"Ada investor yang masuk menurut kemenperin ada pendaftaran 9 pemain baru di luar asosiasi, sudah mendaftarkan kendaraan listrik di Indonesia dengan investasi," katanya kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan para pemain baru sepeda motor listrik mencoba cepat memainkan peluang masuk pasar, dan jadi tantangan bagi pemain lama. Namun, yang menjadi konsen pabrikan adalah apakah semakin banyaknya pemain baru, pasar sepeda motor listrik di Indonesia sudah bisa menyerapnya.

"Skala pasar yang ideal untuk sepeda motor listrik menurut saya 400 ribu unit per tahun," katanya.

Jumlah itu memang masih relatif rendah, bila dibandingkan dengan total pasar sepeda motor di Indonesia. Ini setara dengan 6% dari total pasar sepeda motor pada 2019 yang mencapai 6,4 juta unit.

Pemerhati Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan kondisi masa-masa sepeda motor akan mencapai periode jalan di tempat bahkan sunset adalah suatu keniscayaan.

"Itu bisa terjadi, apalagi mulai gencar transportasi umum. Musuh sepeda motor itu transportasi umum," kata Djoko kepada CNBC Indonesia, Selasa (18/2).

[Gambas:Video CNBC]

(hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.cnbcindonesia.com/news/20200219171736-4-139086/ada-anomali-saat-kejayaan-sepeda-motor-diramal-berakhir

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ada Anomali Saat Kejayaan Sepeda Motor Diramal Berakhir - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.