Search

Sayonara! Kejayaan Sepeda Motor di RI akan Berakhir? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Berapa populasi sepeda motor di Indonesia?

Anda boleh kaget, populasi sepeda motor di Indonesia sedikit lebih dari separuh penduduk Indonesia. BPS mencatat hingga 2018 ada 146,5 juta unit sepeda motor. Jumlah ini mengalami lompatan sejak periode 2000-2003 kala menjamurnya lembaga-lembaga pembiayaan di Indonesia, yang memudahkan orang mempunyai sepeda motor.

Namun, apakah kejayaan sepeda motor di Indonesia akan terus terjadi di tengah berkembangnya transportasi online, transportasi massal, dan perubahan gaya hidup kaum milenial?


Pemerhati Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan kondisi masa-masa sepeda motor akan mencapai periode jalan di tempat bahkan sunset adalah suatu keniscayaan.

"Itu bisa terjadi, apalagi mulai gencar transportasi umum. Musuh sepeda motor itu transportasi umum," kata Djoko kepada CNBC Indonesia, Selasa (18/2).

Apa yang disampaikan Djoko bisa jadi benar. Sebab meski populasi terus bertambah, tapi penjualan sepeda motor dalam tren menurun dalam delapan tahun terakhir. Puncak penjualan sepeda motor terjadi pada 2011, yang mencapai 8.012.540 unit, setelah itu berangsur-angsur lesu, hingga pada 2019 hanya terjual 6.487.460 unit.

Sayonara! Benarkah Kejayaan Sepeda Motor di RI akan Berakhir?Foto: Domestic Distribution and Export (sumber: data kemenperin, diolah oleh AISI)
Sayonara! Benarkah Kejayaan Sepeda Motor di RI akan Berakhir?Foto: Domestic Distribution and Export (sumber: data kemenperin, diolah oleh AISI)

Djoko bilang transportasi umum di Indonesia, khususnya Jabodetabek pelan-pelan ada perbaikan, berkembangnya TransJakarta, MRT, LRT, dan lainnya. Hal ini perlahan akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi minat orang terhadap sepeda motor.

"Makin buruk transportasi umum makin berjaya sepeda motor. Di negara yang transportasi umum bagus, sepeda motor minim sekali," katanya.

Selain persoalan transportasi umum, tak dipungkiri secara statisik Korlantas, sepeda motor merupakan kendaraan yang paling banyak menyumbang kecelakaan di jalan raya dibandingkan kendaraan lain.

Di dunia, negara-negara berkembang juga mulai ada kesadaran soal pembatasan sepeda motor. Pemerintah Kota Hanoi, ibu kota Vietnam, sudah berencana akan melarang sepeda motor di jalan raya pada 2030.

"Setahu saya sudah ada pembatasan di Vietnam," katanya.

Bagi industri sepeda motor dan pemerintah, tentu harus menyiapkan rencana ke depan, apakah dengan memaksimalkan kinerja ekspor sepeda motor ke negara-negara berkembang yang potensial, atau strategi lainnya. (hoi/hoi)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.cnbcindonesia.com/news/20200218142600-4-138684/sayonara-kejayaan-sepeda-motor-di-ri-akan-berakhir

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sayonara! Kejayaan Sepeda Motor di RI akan Berakhir? - CNBC Indonesia"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.