Search

4 Alasan Orang Lebih Memilih Motor Skutik Ketimbang Bebek - Detikcom

Jakarta -

Pertama kali skuter matik di Indonesia keluar pada awal 2000-an, mungkin banyak yang tidak menyangka perkembangannya akan seperti hari ini. Tanpa melihat data di atas kertas, semua orang tahu jika skuter matik sudah mendominasi jalan raya. Dan motor bebek hanya sesekali terlihat.

Lantas faktor apa yang membuat konsumen lebih tertarik kepada skuter matik ketimbang motor bebek? Dijelaskan oleh Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Anton Widiantoro, ada beberapa faktor yang membuat mengapa orang lebih tertarik motor skutik ketimbang bebek.

Setidaknya ada 4 nilai jual motor skutik yang lebih unggul dibanding motor bebek. Pertama adalah soal kepraktisan. Motor skutik memiliki kepraktisan lebih baik dibanding bebek. Misal dari sisi operasional motor skutik bisa digunakan siapapun.

"Orang nggak perlu dulu belajar motor (secara serius-red). Tinggal ngegas doang udah bisa. Itu yang membuat orang memilih motor skutik," ujar Anton.

Lanjut faktor yang kedua adalah soal fungsionalitasnya. Seperti diketahui, masyarakat Indonesia cenderung memandang bahwa kendaraan tak sekadar alat transportasi manusia, melainkan juga barang.

Motor skutik memiliki keunggulan itu karena memiliki bagasi luas ditambah dek lapang. Orang Indonesia biasanya memanfaatkan dek skutik untuk mengangkut galon air atau tabung gas 3 kg. Selain itu, kompartemen di bawah jok biasanya juga besar, mampu menampung helm dan barang lainnya.

Faktor ketiga adalah soal mobilitas atau pergerakannya. Dengan diameter roda lebih kecil, memungkinkan pengendara skutik lebih lincah saat menembus kemacetan.

Alasan ketiga adalah soal harga. Harga motor bebek saat ini sudah hampir mendekati harga motor skutik. Namun dengan harga lebih mahal sedikit, motor skutik punya banyak kelebihan yang ditawarkan.

Sebagai contoh, model motor bebek paling murah Yamaha Vega Force, dibanderol Rp 16.530.000. Dengan harga tersebut motor ini punya kapasitas mesin 115 cc, bagasi 9,2 liter, dan kapasitas tangki bahan bakar 4 liter.

Sementara untuk model skutik termurah Yamaha All New Soul GT AKS yang dibanderol Rp 17.300.000 sudah dibekali mesin 125 cc Blue Core, dengan kapasitas bagasi 14 liter, tangki bahan bakar 4,2 liter. Lebih mahal sedikit, namun secara spek mesin dan fitur lebih unggul.

Simak Video "Festival Freestyle Motor, Kudus"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://oto.detik.com/motor/d-4899953/4-alasan-orang-lebih-memilih-motor-skutik-ketimbang-bebek

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Alasan Orang Lebih Memilih Motor Skutik Ketimbang Bebek - Detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.