Search

Bule Keliling Dunia Naik Motor Listrik, Kini Mendarat di IKN - detikOto

Jakarta -

Bule asal Slovakia yang berdomisili di Indonesia, Roman Nedielka, melakukan perjalanan keliling dunia naik motor listrik. Untuk pertama kalinya, motor listrik sukses digeber keliling dunia oleh Roman. Kini, Roman bersama motor listrik yang digunakan untuk keliling dunia tiba di IKN.

Roman memulai perjalanannya dari Jakarta pada Juli 2023 dengan visi untuk menunjukkan kelayakan dan keandalan sepeda motor listrik melalui perjalanan jarak jauh keliling dunia. Memanfaatkan sepeda motor listrik standar Zero DSR/X tanpa modifikasi apa pun, proyek perjalanan ini diberi nama 'E.round the World'.

Sepanjang 8 bulan perjalanan, Roman berhadapan dengan beragam budaya, iklim, dan bentang alam, yang masing-masing menghadirkan tantangan dan pengalamannya sendiri. Dimulai dengan menjelajahi hutan-hutan di Asia Tenggara saat musim hujan, melintasi hamparan gurun pasir Kazakhstan yang luas dengan angin kencang, bertahan dalam suhu beku di Amerika Serikat saat musim dingin, hingga menghadapi panas terik musim panas dengan suhu mencapai 45°C di Australia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kini, Roman mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan bersama motor listriknya. Roman antusias dengan proyek ibu kota baru. Dia sebelumnya tinggal di Timur Tengah dan menyaksikan langsung kebangkitan kota-kota baru dari gurun pasir yang luas. Ia membawa sepeda motor listrik yang dibawanya keliling dunia ke ibu kota masa depan Indonesia, IKN Nusantara, sebagai simbol transisi dari ibu kota lama Jakarta, tempat ia memulai perjalanan keliling dunia.

"Ibu kota baru dapat menjadi contoh integrasi antara alam dan mobilitas berkelanjutan kelas dunia. Setelah mengunjungi IKN dan mengendarai sepeda motor listrik, saya dapat melihat masa depan terbentuk di depan mata saya," kata Roman dikutip dari siaran pers yang diterima detikOto, Senin (20/5/2024).

ADVERTISEMENT

Di akhir perjalanannya, Roman tetap berkomitmen untuk meningkatkan ekosistem e-mobilitas di Indonesia dan mendorong lebih banyak orang untuk menggunakan pilihan transportasi berkelanjutan.

Roman Nedielka keliling dunia naik motor listrik diawali dari Jakarta.Roman Nedielka keliling dunia naik motor listrik diawali dari Jakarta. Foto: dok. Istimewa

"Saya berharap dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk mempertimbangkan mobilitas berbasis listrik dan berkontribusi dalam meningkatkan kelayakan dan kualitas hidup di kota-kota di Indonesia."

Roman Nedielka memulai perjalanannya dari Indonesia menuju Malaysia, Thailand, Laos, China, Kazakhstan, Azerbaijan, Georgia, Turki, Bulgaria, Serbia, Hungaria, Slovakia, Czechia, Jerman, Perancis, Amerika Serikat, Australia, Timor Leste, dan kembali ke Indonesia. Total jarak perjalanan mencapai lebih dari 40.000 km. Perjalanan ini menjadi kali pertama sepeda motor listrik digunakan keliling dunia seorang diri.

Meskipun berasal dari latar belakang yang sederhana, berkat kerja keras selama 22 tahun dalam karirnya, Roman dapat menyelesaikan perjalanan ini tanpa sponsor atau monetisasi konten apa pun.

Simak Video "Murah Meriah! Motor Listrik Dapat Potongan Subsidi Rp 7 Juta di Transmart"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMiaWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci1saXN0cmlrL2QtNzM0OTAzMC9idWxlLWtlbGlsaW5nLWR1bmlhLW5haWstbW90b3ItbGlzdHJpay1raW5pLW1lbmRhcmF0LWRpLWlrbtIBbWh0dHBzOi8vb3RvLmRldGlrLmNvbS9tb3Rvci1saXN0cmlrL2QtNzM0OTAzMC9idWxlLWtlbGlsaW5nLWR1bmlhLW5haWstbW90b3ItbGlzdHJpay1raW5pLW1lbmRhcmF0LWRpLWlrbi9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bule Keliling Dunia Naik Motor Listrik, Kini Mendarat di IKN - detikOto"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.