Search

Suka Duka Eko, Sejak Belia Kerja Setel Pelek Motor demi Sekolahkan 8 Adiknya - detikJatim

Surabaya -

Duduk di depan toko Serba Jaya Motor, di bilangan Jalan Barata Jaya, Surabaya pria itu tampak fokus menyetel pelek ban sepeda motor. Namanya Widodo Eko Seputro (54). Di usianya yang sudah senja tangannya masih cekatan menyeimbangkan jari-jari (ruji) ban supaya laju motor benar-benar seimbang.

Pria yang akrab disapa Eko ini mengaku sejak lulus SD dia sudah melakoni pekerjaannya sebagai tukang setel pelek. Dia mempelajari teknik setel pelek itu dari ayahnya.

"Dulu setelah SD saya putus sekolah terus bantu bapak. Bapak dulu juga tukang setel pelek sama tambal ban," ujarnya saat ditemui detikJatim, Selasa (14/5/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Terpaksa putus sekolah karena saya anak tertua dari 8 bersaudara. Jadi harus bantu bapak buat menghidupi keluarga," sambungnya.

Dari hasil kerja kerasnya, Eko berhasil menyekolahkan seluruh adik-adiknya. Setidaknya 7 adiknya semuanya bisa mengecap pendidikan setara SMA berkat pengorbanannya.

ADVERTISEMENT

"Alhamdulillah adik-adik saya bisa lulus semua. Ada yang STM dan SMU," kenang Eko sembari tersenyum.

Dalam sehari, eko yang melapak sejak pukul 08.30 WIB sampai pukul 16.00 WIB bisa menggarap 6 pelek motor pelanggannya dengan hasil garapan yang rapi dan presisi. Harga yang dipatok Eko pun cukup terjangkau.

"Harga untuk (setel) pelek sepeda Rp 30 ribu. Kalau motor antara Rp 40 ribu-Rp 50 ribu. Itu untuk satu pelek," kata Eko.

Selain menyetel pelek, pria yang murah senyum ini juga punya keterampilan yang dicari penghobi modifikasi motor. Yakni bikin ban tubeless bisa dipasang di pelek jari-jari.

Dengan teknik yang tepat dia mampu menyulap pelek ruji atau jari-jari menjadi kedap udara. Dengan demikian ban tubeless bisa terpasang di bingkai roda tersebut.

"Kalau pelek ring 17 mau dijadikan tubeless bisa diakali pakai ban dalam ukuran 14. (Ban dalam) dibelah tengahnya, dilebarkan, terus ban luar dipasang dan dipompa. Nanti sisa ban dalam tinggal dipotong biar rapi," katanya.

Simak Video "Keren! Siswi SD Ini Bikin Game Edukasi Seputar Lampung dan Pancasila"
[Gambas:Video 20detik]
(dpe/iwd)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMieGh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9qYXRpbS9iZXJpdGEvZC03MzM5NTg5L3N1a2EtZHVrYS1la28tc2VqYWstYmVsaWEta2VyamEtc2V0ZWwtcGVsZWstbW90b3ItZGVtaS1zZWtvbGFoa2FuLTgtYWRpa255YdIBfGh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9qYXRpbS9iZXJpdGEvZC03MzM5NTg5L3N1a2EtZHVrYS1la28tc2VqYWstYmVsaWEta2VyamEtc2V0ZWwtcGVsZWstbW90b3ItZGVtaS1zZWtvbGFoa2FuLTgtYWRpa255YS9hbXA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Suka Duka Eko, Sejak Belia Kerja Setel Pelek Motor demi Sekolahkan 8 Adiknya - detikJatim"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.