Search

Ini Negara dengan Jumlah Sepeda Motor Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk? - detikcom

Daftar Isi

Jakarta -

Kita bisa melihat betapa banyak sepeda motor lalu lalang yang ada di negara kita. Namun, apakah negara lain punya banyak sepeda motor yang banyak?

Pada tahun 2023, jumlah sepeda motor di dunia mencapai 600 juta ini. Jumlah ini sangat banyak dan tersebar di berbagai negara. Kebanyakan, pengguna motor terbanyak di dunia ada negara-negara kawasan Asia.

Lantas, negara mana yang memiliki jumlah sepeda motor terbesar? Berikut ini daftarnya dikutip dari World Population Review.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Daftar Negara dengan Jumlah Sepeda Motor Terbesar

India

India adalah negara yang memiliki jumlah sepeda motor terbanyak di dunia. Tak heran jika lalu lintas di Delhi, Mumbai, Bengaluru, dan kota-kota lain di India sangat padat. Negara ini juga terkenal akan klaksonnya yang sangat berisik di jalanan.

Jumlah sepeda motor di India adalah sebanyak 221 juta unit per tahun 2019-2020. Kendaraan ini telah menjadi kendaraan pilihan pertama bagi keluarga dengan mobilitas tinggi di sana.

ADVERTISEMENT

Padahal, negara ini dikenal sebagai tempat yang tidak aman untuk mengendarai sepeda motor. Akan tetapi, demi kebebasan bergerak di kota-kota yang padat dan menjelajahi pedesaan yang indah, sepeda motor digunakan di negara ini.

Bahkan penjualan sepeda motor di India meningkat dua kali lipat dalam delapan tahun. Pada tahun 2011 terdapat 12 juta unit, lalu bertambah hingga 21 juta buah di tahun 2019. Pada tahun 2025, diperkirakan angka ini dapat meningkat mencapai 27 juta unit.

Dilansir dari The Print, sebanyak 55% keluarga di India memiliki kendaraan skuter. Sebanyak 54% keluarga di India memiliki sepeda motor.

Indonesia

Negara kedua dengan sepeda motor terbanyak adalah Indonesia. Negara ini memiliki jumlah sepeda motor sebanyak 112 juta unit. Angka ini lebih sedikit dibanding 2 tahun lalu.

Dilansir dari Statista, jumlah sepeda motor di Indonesia tahun 2022 mencapai 125 juta unit. Faktor yang menjadi paling kentara dari penggunaan sepeda motor ini karena harganya yang murah dan efisien.

Di Indonesia, banyak pengguna memiliki preferensi yang kuat terhadap skuter dan kendaraan berkapasitas kurang dari 125cc.

Selain itu, dari segi merk, yang menguasai pasar sepeda motor adalah Honda, sebanyak 73,8%. Perusahaan ini bekerja sama dengan Astra International yang secara eksklusif mencakup produksi dan distribusi Honda.

Cina

Cina sebagai negara pengekspor sepeda motor terbesar, justru berada di urutan ketiga dengan jumlah sepeda motor terbanyak yaitu 85 juta unit.

Vietnam, Thailand, Pakistan, dan Malaysia

Negara-negara lainnya yang memiliki sepeda motor terbanyak adalah Vietnam sejumlah 58 juta unit, Thailand sebanyak 21,5 juta unit, Pakistan sebanyak 17,4 juta unit, dan Malaysia sebanyak 14,89 juta unit.

Berapa Banyak Produksi Sepeda Motor dan Penyebarannya di Dunia?

Pandemi tahun 2020 sempat menurunkan penjualan sepeda motor di seluruh dunia. Namun, diperkirakan 550 ribu sepeda motor akan terjual di Amerika Serikat pada tahun 2025 dan memperoleh pendapatan sebesar USD 6,24 miliar.

Pasar sepeda motor ini akan terus tumbuh sampai tahun 2027 dan mencapai pendapatan sebesar USD 168 miliar. Negara-negara pengekspor sepeda motor seperti Cina, Jepang, Jerman, dan Thailand berlomba-lomba menguasai pasar.

Cina berhasil mengekspor sepeda motor senilai USD 12 miliar, lebih dari seperempat ekspor sepeda motor di seluruh dunia. Disusul dengan negara Jerman yang mengekspor sepeda motor senilai USD 3,3 miliar.

Tak jauh dari itu, Jepang mengekspor sepeda motor mencapai USD 3,2 miliar. Sementara negara Thailand mengekspor sepeda motor mencapai nilai USD 3 miliar.

Simak Video "Polisi Bakal Sanksi Tilang Pemotor Pakai Knalpot Brong"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMieWh0dHBzOi8vd3d3LmRldGlrLmNvbS9lZHUvZGV0aWtwZWRpYS9kLTczNjM5MDAvaW5pLW5lZ2FyYS1kZW5nYW4tanVtbGFoLXNlcGVkYS1tb3Rvci10ZXJiZXNhci1kaS1kdW5pYS1pbmRvbmVzaWEtdGVybWFzdWvSAQA?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Negara dengan Jumlah Sepeda Motor Terbesar di Dunia, Indonesia Termasuk? - detikcom"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.