Search

Tidak Asal Basah dan Berbusa, Cuci Sepeda Motor Ada Caranya: Motor Kinclong, Performa Terjaga - Radar Banyuwangi - Radar Banyuwangi

Radarbanyuwangi.id – Ibarat manusia, tampil dengan performa dekil dan kotor bakal dijauhi orang. Bukan itu saja, kondisi tersebut bakal tidak sedap untuk pandangan mata. Hal yang sama juga berlaku untuk sepeda motor. Menjaga kebersihan motor seolah bukan hanya soal estetika.

Lebih dari itu, kondisi kebersihan motor juga bisa mencerminkan dari pemiliknya. Disisi lain motor yang bersih dan terawat ternyata juga bisa menjaga performa kendaraan. Manfaat lainnya ternyata juga bisa membuat tunggangan ini menjadi lebih awet dan panjang umur.

Salah satu cara menjaga kebersihan motor yakni dengan rajin mencucinya. Mencuci motor bisa dilakukan sendiri di rumah atau jasa cuci motor. Tapi bukan sembarang cuci lho. Ada beberapa tips agar mencuci motor tidak sampai membuat motor menjadi bermasalah.

Caranya yakni dengan menggunakan air bertekanan rendah. Hindari menyemprotkan air dengan tekanan tinggi.  Semprotan tekanan tinggi dapat dapat merusak komponen bodi dan kelistrikan. Selain itu gunakan standar tengah saat mencuci.

Posisi ini merupakan kondisi motor dalam keadaan stabil. Ini memudahkan saat dilakukan pencucian dan mudah menjangkau bagian bawah kendaraan. Selain itu siapkan sabun khusus motor.

Baca Juga: Urban Legend, Bus Hantu Gentayangan di Jalur Pantura: Banyuwangi-Surabaya Cuma 5 Menit

Hindari menggunakan sabun sembarangan apalagi sabun untuk cuci piring. Ini bisa membuat membuat bodi tampak kusam dan menghilangkan pelumas. Untuk mengeringkan, sediakan dua kain lap.

Pisahkan kain lap untuk bagian bawah dan atas motor. Ini semata-mata untuk menghindari baretan pada bodi. Gunakan alat tambahan seperti sikat gigi. Sikat gigi membantu membersihkan bagian yang sulit dijangkau.

Dan yang terpenting, hindari mencuci motor saat mesin panas. Ini demi mencegah terjadinya kerusakan pada komponen. Termasuk disarankan melakukan pencucian di tempat teduh. Lakukan hal ini sedikitnya satu bulan sekali.

Baca Juga: 5 Rentetan Kecelakaan Bus Paling Mengerikan yang Terjadi di Indonesia: Penyebabnya Human Error hingga Masalah Teknis

Agar mendapatkan efek kebersihan yang maksimal, ada baiknya  siram seluruh bagian motor dengan air. Kemudian mulai cuci dari bagian bawah seperti bagian velg, swing arm, mesin, hingga kolong spatbor. Disini gunakan sabun dan sikat gigi jika diperlukan.

Setelah itu, bilas dengan air bersih dan pastikan semua kotoran hilang. Lalu cuci bagian atas seperti bodi, lampu, setang, dan spion. Gunakan kain lap yang berbeda untuk tahapan ini. Kemudian bilas kembali dan keringkan dengan kain lap bersih.

Lumasi rantai dengan pelumas khusus. Oleskan wax untuk menjaga kilap bodi. Tapi hindari wax pada kursi, ban, rem cakram, dan bantalan. Terakhir, periksa kembali kondisi motor. Nyalakan mesin, pastikan idling stabil, lampu berfungsi, rem pakem, dan tidak ada kebocoran. (*)

Adblock test (Why?)

Baca Lagi aje https://news.google.com/rss/articles/CBMikQFodHRwczovL3JhZGFyYmFueXV3YW5naS5qYXdhcG9zLmNvbS9vdG9tb3RpZi83NTQ2NzAyMDEvdGlkYWstYXNhbC1iYXNhaC1kYW4tYmVyYnVzYS1jdWNpLXNlcGVkYS1tb3Rvci1hZGEtY2FyYW55YS1tb3Rvci1raW5jbG9uZy1wZXJmb3JtYS10ZXJqYWdh0gGVAWh0dHBzOi8vcmFkYXJiYW55dXdhbmdpLmphd2Fwb3MuY29tL290b21vdGlmL2FtcC83NTQ2NzAyMDEvdGlkYWstYXNhbC1iYXNhaC1kYW4tYmVyYnVzYS1jdWNpLXNlcGVkYS1tb3Rvci1hZGEtY2FyYW55YS1tb3Rvci1raW5jbG9uZy1wZXJmb3JtYS10ZXJqYWdh?oc=5

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tidak Asal Basah dan Berbusa, Cuci Sepeda Motor Ada Caranya: Motor Kinclong, Performa Terjaga - Radar Banyuwangi - Radar Banyuwangi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.