Search

Mengendarai Motor Trail untuk Rider Bertubuh Pendek

Jakarta, CNN Indonesia -- Sepeda motor trail dan supermoto memiliki perbedaaan tinggi dengan motor pada umumnya.

Contoh Honda CRF 150 dengan tinggi tempat duduk 869 mm, sementara jarak terendah ke tanah adalah 285 mm. Untuk motor 'garuk tanah' berkapasitas mesin lebih besar tentu jarak tempat duduk dengan tanah lebih jauh lagi.

Profilnya yang jangkung ini menyulitkan rider bertubuh pendek khususnya pengendara orang Asia. Pengendara yang tidak bisa mengantisipasinya potensi terjatuh dari motor.

Salah satu dirt bike rider, Megs Braap dilansir Visordown.com berbagi tips bermain motor trail bagi bikers dengan tinggi badan pendek. Ada lima cara menurutnya sangat ampuh menaklukkan motor trail. Berikut rangkuman CNNIndonesia.com.

1. Menjaga keseimbangan

Kunci pertama adalah menjaga keseimbangan saat mengendarai motor trail. Coba berlatih keseimbangan saat motor bergerak dengan kecepatan rendah. Kita bisa mencoba dengan membuat angka delapan. Kemudian menjaga keseimbangan secara statis (berlatih keseimbangan motor tidak bergerak).

2. Mencari sandaran kaki yang tepat

Yang perlu diperhatian saat main offroad adalah memperhatikan lingkungan sekitar. Tentukan tempat-tempat berhenti yang tepat kemudian mencari pijakan kaki yang aman.


3. Gunakan kaki untuk memindahkan motor

Bermain motor trail sangat berat. Pengendara rentan keluar dari lintasan dan terjatuh dari motor. Kesulitannya adalah mengembalikan motor ke jalurnya. Untuk teknik satu ini ada baiknya menggunakan kaki yang lebih kuat dibandingkan lengan.

4. Saat motor berhenti

Dengan posisi motor berhenti, sebaiknya gunakan teknik kaki menggantung. Satu kaki menapak dengan sempurna dipastikan bisa menjaga pengendara terjatuh dari motor. Pilih posisi kaki yang paling nyaman.

5. Percaya diri

Percaya diri adalah poin penting sangat mengendalikan motor trail atau supermoto. Jangan biarkan ukuran pendek menghalangi kita untuk menjadi biker sejati. Namun untuk diingat, keterampilan yang baik adalah kunci dari mengendarai motor tersebut.

[Gambas:Youtube] (gfs/mik)

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180928152150-389-334006/mengendarai-motor-trail-untuk-rider-bertubuh-pendek

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengendarai Motor Trail untuk Rider Bertubuh Pendek"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.