Search

Tiga Pangkal Masalah yang Bikin Motor Karburator Sulit Hidup

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Brian Priambudi

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Ada kalanya motor sulit untuk dinyalakan walaupun sudah menggunakan kick starter.

Hal tersebut kerap terjadi terutama pada motor tahun tua atau motor yang masih menggunakan karburator.

Widodo, pemilik bengkel di kawasan Ciledug, Tangerang, mengatakan terdapat tiga penyebab motor dengan karburator sulit untuk dinyalakan.

"Penyebabnya ada banyak baik di motor injeksi atau karburator tapi mayoritasnya hampir sama. Untuk motor karburator, penyebabnya bisa dari bahan bakar, kompresi, dan pengapian," ujar pria yang akarab disapa Dodo, Selasa (18/9/2018).

Menurutnya problem kelistrikan dan pengapian yang membuat motor sulit distart bisa disebabkan suplai arus yang tidak bagus dari aki.

"Jadinya, dinamo starter tidak bekerja dengan baik. Tapi jangan lupa, dinamo starter juga memiliki umur," jelasnya sembari mengerjakan motor milik pelanggan.

Jika sistem kelistrikan dan pengapian tidak bermasalah, pemeriksalah sistem bahan bakar.

Dodo menjelaskan kotoran yang terbawa bahan bakar dapat mengakibatkan penyempitan saluran pelepasan bahan bakar.

"Pada motor dengan karburator, bagian yang berfungsi untuk menyeprotkan bahan bakar tersebut yaitu jet dan main pilot. Ketika keduanya tersumbat kotoran proses pengabutan menjadi tidak sempurna," jelasnya.

Baca: Setya Novanto Akui Ngobrol dengan Nazaruddin Soal E-KTP

Selanjutnya yang harus diperiksa yaitu kompresi motor.

Dodo memaparkan mengecek kompresi motor sangat mudah, cukup tutupkan lubang busi menggunakan ibu jari, kemudian di starter dengan kick starter.

"Jika tekanan yang dirasakan kuat, berarti kompresi tidak bermasalah. Kalau tidak mungkin ada Klep bocor, stelen yang tidak pas atau seal kepala silinder bocor mengakibatkan kompresi berkurang," tutupnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje http://www.tribunnews.com/otomotif/2018/09/18/tiga-pangkal-masalah-yang-bikin-motor-karburator-sulit-hidup

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tiga Pangkal Masalah yang Bikin Motor Karburator Sulit Hidup"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.