TEMPO.CO, Jakarta - Agar motor matik tetap nyaman dan awet, butuh perawatan secara berkala yang baik. Seperti yang dijelaskan oleh Kepala mekanik Yamaha Prihatin Motor di Cileungsi, Jaenal bahwa motor matik butuh perawatan di bagian CVT.
Baca: Tips Agar Kampas Ganda Motor Matik Awet, Tidak Mudah Gredek
“Penyakit motor matik biasanya ada pada bagian CVT, baiknya melakukan perawatan CVT tiap 6 bulan sekali. Sedangkan V belt harus diganti tiap 25 ribu kilometer, dan ganti oli gardan tiap 6 ribu kilometer,” ujarnya kepada Tempo Senin, 9 Januari 2019.
Selain itu, kampas ganda juga harus diperiksa, karena hanya dengan kondisi kotor saja bisa membuat motor matik bergetar. Namun, menurutnya tetap tergantung pada pemakaian dan usia sepeda motor. “Jika motor aktif tentunya lebih cepat aus,” katanya.
Meski begitu, cara berkendara bisa membuat bagian kampas ganda ini lebih awet. Misalnya tidak membawa beban yang terlalu berat, istirahatkan dan biarkan CVT motor matik dingin secara alami saat turing melewati tanjakan panjang.
Baca: Penyebab Motor Matik Bergetar di Kecepatan Rendah
Karena saat menanjak, CVT motor matik ini bisa lebih panas dibandingkan suhu di dalam mesin. “Mesin ada pendingin, ada pelumas, sedangkan CVT tidak,” ujar Jaenal.
Ia menambahkan, filter udara juga harus rutin dibersihkan, karena sebagai penyaring udara dari kotoran agar tidak masuk ke ruang bakar, juga ganti oli mesin tiap 3 ribu kilometer.
Baca Lagi aje https://otomotif.tempo.co/read/1163249/tips-merawat-sepeda-motor-matik-agar-lebih-awetBagikan Berita Ini
0 Response to "Tips Merawat Sepeda Motor Matik Agar Lebih Awet - Tempo.co"
Posting Komentar