Search

Motor Matik Berisik di Jalan, Bahaya Bagian Komponen CVT Mulai ...

TRIBUNNEWS.COM – Pernah mendapat tatapan tidak enak dari pengendara lain karena motor anda yang suka mengeluarkan bunyi? Malu enggak sih? Kebanyakan pengendara menganggapnya sepele sehingga tetap saja dibawa jalan.

Padahal bunyi 'kretek-kretek' pada area CVT tidak bisa disembuhkan hanya melalui servis mesin biasa. Untuk mengeceknya, montir perlu membuka bagian CVT satu per satu. Bisa saja karena karet belt getas (retak-retak), roller penyok, atau kampas kopling yang mulai habis.     

Khusus kasus kopling, jika skutik dipaksa terus jalan, kampas kopling yang rusak tersebut mampu membuat ‘rumah kopling’ jadi oblak. Padahal, komponen kopling yang disebut Clutch Weight Shoe ini berfungsi untuk menyalurkan dan memutus tenaga putaran mesin

Salah satu cara untuk memeriksa kondisi kopling pada skutik adalah dengan membaliknya dan periksa ketebalan permukaannya. Jika memang masih bagus, maka anda bisa melakukan pemeriksaan pada bagian CVT lainnya seperti v belt dan roller. Lah kalau tidak? Jalan satu-satunya anda harus mengganti bagian yang rusak dengan yang baru.

Nah, guna menghindarkan anda untuk terus bolak balik bengkel, pastinya anda harus pintar-pintar dalam memilih spare part yang berkualitas. Salah satunya memilih komponen kopling terbaik.

Cara memilih komponen kopling            

Bila bahan baku pada komponen kopling tidak berkualitas akan menyebabkan kendala ataupun permasalahan dalam penggunaannya. Hindari memilih material yang kurang kuat menahan gesekan pada rpm tinggi.

Tidak hanya pada material, pilihlah juga komponen yang bisa di subtitusi. Maksudnya adalah suku cadangtersebut bisa digunakan pada motor lain.

Yamaha sparepart

Salah satu produk suku cadang Clutch Weight Shoe Set milik Yamaha yang bisa substitusi dengan suku cadang yang sama untuk motor matic lainnya. Tentu saja untuk kualitas tidak perlu diragukan lagi serta lebih tahan lama.  

Perawatan pun akan terasa lebih hemat jika anda membeli paket secara terpisah. Diantaranya adalah Clutch weight shoe set (3 pcs), spring clutch weight, dan damper clutch weight. Part terpisah ini sementara baru tersedia untuk tipe motor Yamaha Mio lama dan untuk tipe motor matic terbaru Yamaha akan di sediakan segera.

yamaha

Untuk penggantiannya berikut nomor part yang sudah tersedia :

Clutch Weight Shoe Set Mio Series : 5TL/14D-WE662-00-00

Spring Clutch Weight Mio Series : 5TL/14D-E6626-00

Damper Clutch Weight Mio Series : 5TL/14D-E6629-00

Dengan kampas kopling ganda yang selalu dalam keadaan prima, motor matic kesayangan siap menggeber jalanan dengan maksimal. Ingin tahu lebih lengkapnya? Kunjungi link berikut.

Penulis: Dana Delani

//

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje http://www.tribunnews.com/otomotif/2018/10/23/motor-matik-berisik-di-jalan-bahaya-bagian-komponen-cvt-mulai-rusak

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Motor Matik Berisik di Jalan, Bahaya Bagian Komponen CVT Mulai ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.