Sekadar menyegarkan ingatan kita. Beberapa motor telah diluncurkan pada tahun ini. Motor jenis matik atau skutik, masih menjadi yang paling banyak digandrungi konsumen Indonesia. Mulai dari mesin berkapasitas kecil, hingga berkubikasi besar. Namun tetap, kompetisi paling ketat di kelas entry level.
Di sisi lain, beberapa motor sport pun tampak menggairahkan pasar. Meski, porsinya tak sebesar kue skutik. Pemain baru juga makin berdatangan, menjajakan produk yang kompetitif. Sedikitnya kami rangkum lima motor yang diluncurkan oleh Agen Pemegang Merek (APM) sepanjang 2018.
Honda PCX Hybrid
PT Astra Honda Motor (AHM) mengenalkan PCX Hybrid di IIMS 2018 JIExpo Kemayoran 19 April. Skutik dengan kapasitas mesin 150 cc ini, menyasar konsumen premium. Banderolnya pun berkisar Rp 40,3 jutaan. Penyematan teknologi hybrid sebetulnya hanya gimmick, untuk menarik perhatian pasar.
Jika berbincang efisiensi bahan bakar, faktanya tak jauh berbeda dengan model reguler. Perbedaannya cuma 0,4 - 1,2 km/liter, bergantung pada metode yang digunakan. Angka ini sekaligus menegaskan, PCX Hybrid diciptakan bukan untuk urusan efisiensi, melainkan peningkat performa semata.
Yamaha R25 ABS
Beberapa minggu kemarin, Yamaha Indonesia kembali kenalkan R25 dengan sisipan ABS. Penambahan fitur pengereman ini, untuk menambah daya saing di segmen motor sport 250 cc. Meski ABS bukan barang baru, Yamaha paling akhir memberikan itu. Padahal kompetitor sudah lebih dulu menawarkan.
Dan hanya ada satu tipe ABS yang ditawarkan oleh Yamaha, dengan kelir Racing Blue. Motor yang punya fairing ini, sekarang dibanderol Rp 64,6 juta on the road Jakarta. Kalau dibandingkan dengan model biasa, bedanya bisa mencapai Rp 6 juta.
Tak apa terlambat memberi sistem ABS. Bantuan pengereman sangat dibutuhkan, mengingat tenaga motor ini terbilang besar. Jantung pacu dua silinder 250 cc berpendingin cairan, mampu mengempaskan daya 30 PS pada 12.000 rpm. Lalu torsi puncaknya 23,6 Nm pada 10.000 rpm. Penyaluran daya mengandalkan girboks 6-percepatan.
Yamaha FreeGo
Yamaha meluncurkan FreeGo di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 pada Oktober. Skutik berkapasitas 125 cc ini, memiliki banyak fitur unggulan. Kubikasi dan harganya mirip dengan Yamaha Lexi. Namun pabrikan mengatakan keduanya tak saling makan pasar.
FreeGo diluncurkan sebagai skutik yang menawarkan kepraktisan. Sebab barang bawaan dapat disimpan ke dalam bagasi dengan volume 25 liter. Beragam fitur berkelas disematkan, salah satunya Smart Key System (SKS) yang merupakan sistem tanpa anak kunci (Keyless). Fitur ini menjadikan berkendara semakin praktis dan aman lantaran Immobilizer dan Answer Back System. Apalagi ia juga dibekali sistem pengereman ABS, yang menjadi satu-satunya di kelas 125 cc.
Benelli TRK251
Benelli TRK251 dikenalkan secara global di Bali pada 20 Oktober 2018. Motor adventure ini pakai jantung pacu single silinder 249 cc DOHC 4-valve berpendingin cairan. Mesin diadopsi dari TNT250. Untuk menyesuaikan keperluan, mereka menyeting ulang ECU, sistem injeksi, intake, knalpot dan tambahan lain.
Hasil racikan ulang itu melontarkan tenaga mesin sebesar 26,8 hp plus torsi 21 Nm. Daya lalu disalurkan oleh transmisi manual 6-percepatan dan didukung kapasitas tangki bahan bakar 17 liter.
Adapun untuk menambah nilai jual, ia punya fitur standar: pelek alloy, panel indikator full digital, shock depan upside down, rem depan 4 kaliper dengan piringan bergelombang dan pengereman ABS sebagai standar. Tak lupa lampu projector, DRL dengan sistem LED juga jadi standar.
Suzuki Bandit
Suzuki Indonesia turut ramaikan pasar motor sport dengan GSX150 Bandit. Nilai yang diunggulkan dari Bandit, dapat diandalkan untuk beragam kebutuhan. Dari transportasi sehari-hari hingga kendaraan touring. Banderol yang dilabelkan juga lebih murah dari rival. Anda bisa membelinya dengan dana Rp 26 juta on the road Jakarta.
Dari sektor dapur pacu, Suzuki GSX150 Bandit dibekali mesin 150 cc fuel injection. Sistemnya pakai double over head camshaft (DOHC) yang diklaim memberikan tenaga berlimpah. Mesin sanggup menyemburkan tenaga 18,9 Hp pada 10.500 rpm dan torsi maksimum 14 Nm pada 9.000 rpm.
Lalu aplikasi LED headlight, full digital speedometer dan Suzuki Easy Start System menjadi daya tarik yang memudahkan pengendara. Sisi keamanan juga diutamakan dengan fitur Shuttered Key System dan Petal Disc Brake, yang menambah ketenangan penggunanya. Untuk kelir bodi, terdapat pilihan warna seperti Metallic Matte Titanium Silver, Brilliant White Aura Yellow, Stronger Red Titanium Black dan Titanium Black. (Alx/Odi)
Baca Juga: Deretan Mobil BMW yang Meluncur Sepanjang 2018
Baca Lagi aje https://www.oto.com/artikel-feature-motor/5-motor-baru-yang-dikenalkan-sepanjang-2018Bagikan Berita Ini
0 Response to "5 Motor Baru yang Dikenalkan Sepanjang 2018 - Oto"
Posting Komentar