Search

Modifikasi Motor Konvensional Menjadi Listrik, Mulai dari Rp 4 Jutaan

Secara garis besar, komponen utama motor listrik adalah motor elektrik, controller, dan baterai. Spesifikasi komponen tersebut yang berperan banyak terhadap bobot, performa, dan juga harga.

Misalkan untuk modifikasi paket hemat yang menekan budget (estimasi mulai dari Rp 4,5 juta). Maka motor elektriknya memiliki daya 350 watt (BLDC), controller 350 watt, sistem pemutus arus sekring, dan baterai SLA (sealed lead acid/ aki) 36 volt 12 ampere hour dengan bobot baterai 12 kg.

Dengan kombinasi tersebut, motor listrik dapat menempuh jarak 20 km dengan kecepatan puncak 40 kpj. 

"Baterai memegang peranan penting dari segi harga dan bobot. Penggunaan baterai jenis SLA menambah bobot secara signifikan," ungkap Ady kepada Liputan6.com.

Berbeda dengan biaya modifikasi yang membutuhkan estimasi dana Rp 6-7 juta. Spesifikasi dinamo elektrik satu set tetap sama, namun baterai menggunakan lithium 36 - 48 volt 12 ampere hour berbobot 1/3 dari SLA yakni sekitar 4 kg. Sisi performa juga meningkat, jarak tempuh maksimal bisa mencapai 30 km.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://www.liputan6.com/otomotif/read/3593178/modifikasi-motor-konvensional-menjadi-listrik-mulai-dari-rp-4-jutaan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Modifikasi Motor Konvensional Menjadi Listrik, Mulai dari Rp 4 Jutaan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.