Search

Pemudik Diperkirakan Capai 31,9 Juta Orang, Paling Banyak Naik ...

JAKARTA – Pemudik Lebaran dari tahun ke tahun terus menunjukkan peningkatan. Pada Lebaran 2018 ini masyarakat yang pulang kampung untuk merayakan hari raya Idul Fitri 1439 H diperkirakan mencapai 31,9 juta orang.

Angka ini meningkat drastis dibanding tahun sebelumnya sebesar 28,99 juta. Jumlah tersebut terbagi pada pemudik yang menggunakan kendaraan umum sebanyak 19,5 juta orang dan kendaraan pribadi sebesar 12,42 juta jiwa. Peningkatan pemudik terjadi di semua moda transportasi, baik angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

BERITA TERKAIT +

 Jembatan Cirahong Jalur Alternatif Selatan bagi Pemudik menuju Jateng

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut, masyarakat yang menggunakan angkutan bus sebanyak 8,09 juta atau meningkat 1,76% dibanding tahun sebelumnya, penumpang kereta api (KA) 4,63 juta (naik 5%), pesawat udara berjumlah 5,75 juta (naik 8,47%), dan penumpang kapal laut menjadi 1,77 juta (naik 2,27%). Pemudik yang menggunakan mobil pribadi tahun ini menjadi 3,72 juta (naik 16,69%) dan pemudik sepeda motor sebesar 8,52 juta (melonjak 33,33%).

“Kemenhub dan sejumlah instansi terkait terus memantapkan persiapan arus mudik dan balik Lebaran 2018,” kata Direktur Lalu Lintas Perhubungan Darat Kemenhub Pandu Yunianto di Jakarta.

Selain menyiapkan moda transportasi umum dan jalur yang akan dilalui, Kemenhub juga bekerja keras untuk menjamin keselamatan pemudik. Menurut Pandu, keselamatan pengguna jalan merupakan parameter utama kesuksesan arus mudik dan balik Lebaran. Untuk itu, Kemenhub sudah berkoordinasi dengan Polri, Kementerian PUPR, dan lainnya demi menekan angka kecelakaan.

 Ribuan Warga Antre Mudik Gratis BUMN

Berdasarkan catatan, angka korban tewas pada aur mudik dan balik Lebaran 2016 mencapai 1.261 orang, sementara pada 2017 turun menjadi 742 korban jiwa.

“Semoga tahun ini bisa ditekan lagi. Karena itu, kami membatasi angkutan barang melintas pada arus mudik, meminta seluruh pengguna kendaraan melakukan pemeriksaan kendaraan sebelum mudik, mendorong angkutan mudik gratis, dan menaati rambu lalu lintas. Perhatikan juga fisik pengemudi,” tuturnya.

Terkait dengan masih tingginya angka pengguna sepeda motor untuk mudik, Pandu menegaskan bahwa pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalkan pemudik motor, termasuk menggelar mudik gratis. “Peminat mudik gratis juga semakin banyak. BUMN dan swasta juga banyak yang menggelar mudik gratis,” tuturnya.

Sebelumnya

1 / 2

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://economy.okezone.com/read/2018/06/03/320/1905896/pemudik-diperkirakan-capai-31-9-juta-orang-paling-banyak-naik-motor

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pemudik Diperkirakan Capai 31,9 Juta Orang, Paling Banyak Naik ..."

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.