Search

Peluang Motor Konsep Honda CB125X Diproduksi, Ini Kata Bos AHM

TEMPO.CO, Jakarta - Honda Eropa telah memamerkan motor konsep untuk kapasitas kecil atau motor pemula yaitu Honda CB125X dan Honda CB125M dalam ajang EICMA di Milan, Italia. Motor konsep ini digarap oleh R&D Honda Italia dengan menggunakan basis desain motor lawas MBX125 yang sempat populer pada era 1980-an. Sedangkan mesin dan rangka menggunakan basis CB125. Di Indonesia, Honda CB125 saudara dekat dengan Honda CB150 Street Fighter.

Baca: Pasar Motor Sport Anjlok, Begini Strategi Honda Mendongkraknya

Secara tampilan Honda CB125X lebih mirip dengan Honda Afrika Twin dan CRF450 yang digunakan dalam reli Dakar. Sebagai motor offroad, Honda CB125X memiliki tampilan yang jenjang dengan suspensi depan yang memiliki jarak travel panjang. Ban dan velg juga menggunakan desain CRF yaitu kombinasi diameter yang berbeda antara depan dan belakang dengan karet bundar model cangkul. Knalpot menggunakan SC Project yang menjulang tinggi untuk mengamankan dari genangan air.

Pada swing arm tidak menggunakan desain standar motor CB125 namun menggunakan desain yang lebih kekar. Pengereman pun ditingkatkan dengan menggunakan diameter cakram yang lebih lebar. Velg pun sudah menggunakan bahan dari alumunium dan jari-jari yang kuat.

Pada versi Honda CB125M tetap menggunakan basis desain CRF namun lebih condong model supermoto. Lampu depan lebih futuristik dengan mengadopsi lampu kecil. Suspensi menggunakan upside down namun dengan jarak travel lebih pendek, velg menggunakan casting wheels dengan diameter sama 17 inci. Cakram menggunakan diameter lebar tanpa lubang ventilasi.

Soal mesin sepertinya Honda tidak mengubah desain maupun tenaga yang dihasilkan sekitar 15 bhp lebih rendah dari tenaga mesin CB150 yang mampu menghasilkan 17bhp. Rangka yang dipakai pada dua motor ini mirip dengan desain Honda CB150X Motion yang dipasarkan di Thailand dimana tetap menggunakan rangka tralis namun lebih kekar dengan double beam.

Baca: New Honda CBR150R Kini Dipersenjatai ABS, Harga Naik Rp 4 Juta

Kemungkinan dipasarkan di Indonesia, President Director PT Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma mengatakan AHM memiliki perhatian pada motor-motor model konsep yang disiapkan Honda Motors. Hanya saja, AHM akan melihat dulu pasarnya di Indonesia. "Kenapa tidak jika konsumen menginginkannya, tentu adanya antusias dari konsumen. Tunggu saja saatnya," ujar Inuma di sela-sela acara Honda Bikers Day, Sabtu 17 November 2018.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://otomotif.tempo.co/read/1147589/peluang-motor-konsep-honda-cb125x-diproduksi-ini-kata-bos-ahm

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peluang Motor Konsep Honda CB125X Diproduksi, Ini Kata Bos AHM"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.