Search

Oli Shockbreaker Depan Motor Bocor Ternyata Bisa Diperbaiki

TEMPO.CO, Tangerang Selatan - Apabila shockbreaker motor sudah bocor mengeluarkan oli, menurut Joko pemilik bengkel shockbreaker Joko Shock Semiga Jaya, shockbreaker bisa diservice seperti baru kembali.

"Shockbreaker motor yang bocor biasanya memiliki beberapa faktor permasalahan seperti umur sudah terlalu lama dan kemudian lama tidak dikuras olinya," ungkap Joko saat ditemui di bengkelnya jalan Kemiri 6 Rt 02 Rw 06, kelurahan Pondok Cabe Udik, Kecamatan Pamulang, kita Tangerang Selatan, Kamis 22 November 2018.

Menurut laki- laki yang biasa dipanggil Pakde ini shockbreaker bisa diibaratkan dengan umur manusia, semakin tua usianya maka semakin lemah shockbreaker yang di gunakan di motor.

Baca: Tips Merawat Velg yang Sudah Dicat Ulang pada Sepeda Motor

"Biasanya kalau sudah olinya bocor diganti as batangan dalam shockbreaker, karet seal bushing, sulingan, dan klep shockbreaker. Tapi semua juga dilihat dari tingkat kerusakannya apa saja yang harus di ganti," katanya.

Pakde menambahkan bahwa pemeliharaan shockbreaker depan untuk semua motor yakni harus dibersihkan dari pasir atau batu kerikil, jangan sampai kerikil kecil masuk ke sela- sela shockbreaker depan.

"Kalau kena hujan, ya harus cepat disiram atau dibersihkan biar batu kerikil kecil atau pasir tidak masuk ke sela- sela shockbreaker, kalau sudah masuk dan menumpuk di dalam bisa mengakibatkan kebocoran," imbuhnya.

Baca: Merawat Harley Davidson Lawas Tak Sulit, Ini Tips dari Pakarnya

Untuk mengupgrade (service) shockbreaker bagian depan motor bebek atau matik, kata Pakde harga dibandrol Rp 90 ribu untuk shockbreaker belakang harga dibandrol Rp 130 ribu harga tersebut sudah termasuk jasa bongkar pasang.

"Kalau sampai ganti as batangan dalam shockbreaker, karet seal dan klep itu bisa mencapai Rp 310 ribu untuk motor matic, kalau motor batangan seperti KTM 250 bisa mencapai Rp 850 ribu karena tingkat kesulitannya," ungkapnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Lagi aje https://otomotif.tempo.co/read/1148650/oli-shockbreaker-depan-motor-bocor-ternyata-bisa-diperbaiki

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Oli Shockbreaker Depan Motor Bocor Ternyata Bisa Diperbaiki"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.